Selasa, 24 Agustus 2010

Copas Angka 0, Kecil, Tapi...

Human dapat artikel ini dari blog yang baru human kunjungi beberapa saat...
 Trims banget. hahaha
Ada apa dengan angka Nol?? apa jadinya kalau angka 10 tanpa angka 0, itu berarti hanya 1. Sekiranya sangat jauh perbedaannya, apalagi kita coba dengan angka yang lebih besar tentu perbedaannya juga lebih besar. Angka nol ini sendiri memiliki perjalanan yang sangat panjang hingga akhirnya resmi untuk menggunakannya.

angka nol "ada" berkat karya al-khwarizmi (780 - 850) seorang matematikawan asal Irak yang terkenal dengan karyanya Al-jabr wa’l muqabala (yang kemudian menjadi ilmu legendaris yaitu Aljabar). Karena sang penggagas angka nol berasal dari Irak (Negara Arab) tentulah angka nol lebih di kenal di negara-negara arab, akhirnya angka nol di bawa ke Eropa oleh Fibonnaci. Karena alasan Agama (menyinggung) membuat angka nol kembali tenggelam, dan muncul kembali setelah Rene Descartes dengan Kartesian nya yang menggunakan angka nol pada titik pangkal/asal/origin.

Dikarenakan penemuan angka nol adalah penemuan yang terakhir dari pada saudara-saudaranya (1-9), kita bisa lihat penempatan angka nol pada kalkulator, keypad HP, maupun PC anda dapat dipastikan letaknya terakhir atau setelah angka Sembilan. Jangan dikira angka nol merupakan angka yang paling awal ditemukan. Untuk pengajaran menghitung pada anak – anak pula yang paling pertama diajarkan adalah angka 1 bukan nol, karena angka nol agak sulit untuk dijelaskan. Hal yang paling tepat untuk mendeskripsikan angka nol adalah untuk melambangkan ketiadaan.

Salam Human. Hahaha

3 comments:

Unknown mengatakan...

Angka nol emank bermanfaat sob,,, jangan liat dari segi berapa jumlahnya, tapi lihat seberapa berperan angka nol ini buat angka-angka yang lainnya....

Galih Ramadana Suwito mengatakan...

nol walaupun kecil tapi bulat

Anggasona mengatakan...

hahaha, kl ga ada bilangan NOL (0), ga ada duit 100rb, 1 jt dllnya sob, wkwkwkwk....

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger